PENGEMBANGAN KINERJA PELAKU UMKM DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN KERIPIK JENGKOL DI DESA PAYUNGSARI
Abstract
KKN Universitas Buana Perjuangan Karawang 2022 yang merupakan KKN berbentuk Tematik
Kewirausahaan dengan bertujuan untuk lebih mengoptimalkan kemampuan minat motivasi
mahasiswa untuk terjun ke dunia wirausaha yang secara nyata di lapang, sehingga di harapkan dapat
meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) khususnya bagi masyarakat di Desa Payungsari
Kecamatan Pedes. Desa Payungsari adalah salah satu desa di Kecamatan Pedes, Kabupaten
Karawang, Jawa Barat. Dalam perkembangannya, Desa Payungsari Kecamatan Pedes masih bertahan
pada mata pencaharian homogen yaitu agraris atau bercocok tanam, dalam segi UMKM semakin
berkembang dengan ditandai munculnya produk yang beraneka ragam yang semakin luas
pemasarannya. Masalah yang dihadapi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah, yakni kurangnya
pemahaman tentang manfaat penggunaan media sosial dalam menigkatkan Usaha Mikro Kecil
Menengah melalui pemasaran di media sosial atau secara online. Laporan ini menggunakan metode
kualitatif yaitu melakukan observasi, wawancara, dan mengkaji literasi yang ada. Dari aspek
pemasaran, pelaku UMKM telah mendapatkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam
manajemen pemasaran di marketplace dan sosial media, Selama ini pelaku UMKM masih
mengandalkan penjualan dengan sistem mulut ke mulut tidak melalui sosial media. UMKM
mengoptimalisasi penerapan media sosial dengan menambah keahlian, pengetahuan, dan wawasan
lebih dalam mengenai fitur-fitur yang disediakan oleh media sosial dan marketplace sehingga dapat
memaksimalkan penggunaan media sosial dalam usaha agar dapat menjangkau pelanggan yang lebih
luas, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan meningkatkan kualitas pelayanan sehingga penjualan,
pendapatan usaha, dan citra usaha juga mengalami peningkatan.