PENGEMBANGAN UMKM KERIPIK PISANG DAN PEYEK DESA KUTAWARGI MELALUI INOVASI DAN DIGITALISASI
Abstract
Masuknya era revolusi industri 4.0. yang menggabungkan antara teknologi digital dengan internet, memberikan kemudahan pada proses bisnis di masa pandemi. Salah satu tantangan dalam penerapan digitalisasi pemasaran pada UMKM adalah minimnya kompetensi dan juga pengetahuan pelaku UMKM terkait media digital pemasaran yang telah tersedia saat ini. Oleh sebab itu, dilaksanakanlah kegiatan pengabdian masyarakat yang difokuskan untuk memberikan pemahaman, keterampilan dan pendampingan terkait pelatihan kompetensi pemasaran digital kepada UMKM di Desa Kutawargi, Kecamatan Rawamerta. Pengamatan ini menggunakan metode pelatihan yang dilaksanakan dalam bentuk serangkaian dimulai dari sosialisasi dan analisis kondisi awal yang disebut sebagai pencarian solusi dan tahapan evaluasi. kegiatan ini dilaksanakan melalui enam tahap kegiatan inti terstruktur diantaranya melakukan kunjungan, melakukan diskusi bersama, melakukan pelatihan, melakukan perubahan packaging produk, serta melalukan pemasaran di media sosial. Pelaku UMKM selaku peserta dalam kegiatan ini cukup antusias dan sangat merasa terbantu dengan adanya kegiatan ini. Para pelaku UMKM seharusnya bisa memanfaatkan teknologi dengan mudah di era globalisasi ini. Dengan teknologi dan cara pemasaran digitalisasi, penjualan akan semakin meningkat di era persaingan pasar yang semakin tinggi.