PEMANFAATAN PEMASARAN PRODUK UMKM OPAK KETAN 2R MENGGUNAKAN MARKETPLACE SHOPEE
Abstract
Pada masa pandemi saat ini Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tidak dapat terlepas dari terdampaknya pandemi Covid-19. UMKM diharapkan mampu bertahan di masa pandemi saat ini dan dituntut harus mempunyai inovasi yang lebih agar pemasaran produknya terhadap masyarakat dapat diperluas tidak hanya di satu wilayah saja. Platform Shopee ini menjadi solusi pemasaran di marketplace bagi para pelaku UMKM agar mereka bisa mengembangkan usaha dan memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini. Metode penelitian ini dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Pemasaran opak dilakukan dengan cara dititipkan kepada penjual kue yang keliling di sekitar desa. Selain itu, warga yang memang mengetahui usaha opak ini pun ada yang sengaja datang untuk memesan opak untuk acara hajat ataupun acara-acara penting lainnya. Berdasarkan penyelesaian yang telah dikemukakan mengenai Pemanfaatan marketplace Shopee Dalam Meningkatkan Penjualan Opak Ketan 2R, maka dapat diambil disimpulkan Pemanfaatan marketplace Shopee Opak Ketan 2R ini sudah cukup baik dalam memanfaatkan dan meningkatkan penjualan menggunakan marketplace Shopee.