PENINGKATAN KAPASITAS UMKM PADA DESA PANYINGKIRAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN MELALUI PEMASARAN DIGITAL
Abstract
Pandemi Covid-19 di Indonesia telah banyak mempengaruhi kehidupan masyarakat. Pandemi Covid- 19 Memperlambat sektor perekonomian Indonesia salah satunya di Desa Panyingkiran Kecamatan Rawamerta Kabupaten Karawang. Sektor Usaha Kecil Menengah (UMKM) disini mengalami berbagai permasalahan Menurunnya Penjualan, Distribusi Pemasaran Terhambat, Terjadi Kesulitan dengan Alat produksi untuk membuat Produksi tersebut. Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah sebuah pengabdian mahasiswa kepada masyarakat dimana pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan UMKM Dalam Meningkatkan Penjualan Melalui Pemasaran Digital. UMKM di Desa Panyingkira kecamatan Rawamerta pemasarannya masih sangat minim dan konvensional. Metode yang digunakan adalah metode edukasi kepada pelaku UMKM Opak yang berada di Desa Panyingkiran Kecamatan Rawamerta Kabupaten Karawang ini dengan memberikan informasi mengenai pentingnya kapasitas UMKM dalam meningkatkan penjualan pemasaran dengan memanfaatkan digitalisasi untuk meningkatkan pendapatan. Kegiatan ini ditujukan agar warga Desa Panyingkiran ini dapat membangkitkan jiwa kreatifitas serta minat untuk membangun usaha dengan cara memanfaatkan digitalisasi. Hasil dari Kuliah Kerja Nyata pada kegiatan edukasi ini Memberikan Informasi Tentang Pentingnya Pemasaran Penjualan dalam menggunakan digitalisasi