PELATIHAN DIGITALISASI PADA UMKM SAMBEL MAK BANIH SEBAGAI PENUNJANG KEGIATAN PROMOSI DAN PEMASARAN DI DESA PURWAMEKAR DUSUN KRAJAN

  • Nanda Bagus Alfian Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Nadya Putri Saylendra Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Hambatan yang dialami oleh pemilik usaha terdapat pada kurangnya pengetahuan tentang digital marketing, kurangnya keterampilan dalam memanfaatkan sosial media dan jangkauan target pasar yang kurang luas. Sedangakan, peluang yang terlihat dalam UMKM ini yaitu pelaku usaha memiliki gadget dan juga memiliki akses internet yang menunjang kegiatan pemasaran produk. Pemilik usaha lebih sering memasarkan produknya secara konvensional, dengan menjualnya sambel sereh yang berdasarkan pemesanan konsumen. Cara pemasaran yang diakukan sudah baik, akan tetapi hasil yang ditunjukkan masih belum optimal. Usaha pembuatan sambel sereh ini masih melakukan proses promosi produk, pengolahan bahan baku, pembuatan kemasaan masih secara manual dan tergolong konvensional. Maka dari itu salah satu tujuan dari Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini adalah untuk mengenalkan penggunaan digitalisasi dan mengaplikasikannya pada pelaku UMKM. Metode dalam kegiatan ini adalah yaitu metode observasi, dengan menggunakan pengamatan langsung serta melakukan pendekatan kepada UMKM Sambel Sereh Mak Banih dan melakukan praktek penerapan pemasaran produk melalui digitalisasi website.

Published
2023-03-06