PEMANFAATAN PLATFORM E-COMMERCE DAN INSTAGRAM BISNIS SEBAGAI MEDIA PENJUALAN PADA UMKM DI DESA PURWAMEKAR
Abstract
AbstrakDi era yang serba modern ini tentunya harus mengikuti zaman-zaman yang sedang dijalankan. Salah satunya yaitu dengan melakukan penerapan jejaring canggih untuk kepentingan sehari-hari. Platform e- commerce suatu perangkat lunak atau software yang memungkinkan semua orang untuk membangun bisnis yang berkaitan dengan penjualan produk atau layanan. Namun tidak disangka pula jika para pelaku UMKM belum paham kegunaan dan manfaat dari e-commerce itu sendiri. Pada saat kegiatan dilapangan. Padahal UMKM mempunyai faktor-faktor sempit jika tidak mengandalkan e-commerce pada usaha yang dijalani. Pada saat pelaksanaan KKN, penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk pengumpulan data yang dilakukan secara hybrid (online dan offline) dengan pemilik UMKM. Salah satu UMKM di Desa Purwamekar masih sangat minim untuk didaftarkan e-commerce dengan beralasan rumt, namun pada saat observasi ada salah satu UMKM yang bersedia dibantu untuk memudahkan penjualan dengan menggunakan e-commerce instagram. Baik masyarakat atau para pelaku UMKM dapat terjun pada e-commerce, karena ini dapat membantu memudahkan penjualan serta memperluas lapangan konsumen.