PENGEMBANGAN UMKM RENGGINANG TERASI DESA CIBADAK DENGAN MEMANFAATKAN SOSIAL MEDIA DAN MARKETPLACE
Abstract
Rengginang Teh Entin merupakan salah satu UMKM yang berada di Desa Cibadak Kecamatan Rawamerta Kabupaten Karawang. Rengginang Teh Entin merupakan UMKM yang memproduksi rengginang terasi dengan rasa yang khas yang mengedepankan kearifan lokal. Terkait dengan hal itu, keberadaan perguruan tinggi, dalam hal ini Universitas Buana Perjuangan Karawang, juga dapat berperan dalam mengembangkan unit usaha yang dikelola oleh masyarakat. Melalui program kuliah kerja nyata (KKN) yang diinisiasi oleh LPPM Universitas Buana Perjuangan Karawang, peran perguruan tinggi terhadap UMKM secara bersama-sama diharapkan dapat membangun perekonomian rakyat. Berdasarkan hal itu, ada dua permasalahan yang diidentifikasi dari mitra. Pertama, pemasaran produk Rengginang Terasi Teh Entin dan layanan jasa yang dilakukan masih menggunakan sistem manual atau dari mulut ke mulut. Upaya ini tidak begitu efektif serta meningkatkan minat konsumen sehingga perlu upaya yang lebih terarah. Salah satu upaya tersebut ialah memanfaatkan layanan social media dan martketplace sebagai sarana promosi yang terstuktur dan masif. Hal kedua yang dibutuhkan mitra ialah kebutuhan akan alat press kemasan rengginang. Alat ini adalah alat yang dapat membantu proses pengepressan kemasan rengginang. Mesin press sebagai solusi pengganti untuk pengemasan produk yang terlihat lebih rapih dan prosesnya juga lebih cepat. Hal ini juga mengurangi risiko kusut pada plastik yang digunakan untuk pengemasan rengginang. Berdasarkan hal itu, pemasaran dan produksi Rengginang Teh Entin lebih efektif. Dengan menggunakan sistem digitalisasi, target yang dicapai dari kegiatan ini diperoleh laporan berupa impression, traffic, lead dan lain sebagainya. Di samping itu, kualitas produk kemasan rengginang, semakin menarik dan dikenal oleh masyarakat luas.