PENGARUH SOSIAL MEDIA TERHADAP PENJUALAN RENGGINANG TEH ENTIN DI DESA CIBADAK
Abstract
Cibadak merupakan Desa yang banyak menghasilkan makanan tradisional. Salah satu makanan tradisional yang menjadi ciri khas Desa Cibadak adalah rengginang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh sosial media terhadap penjualan makanan tradisional rengginang di Desa Cibadak. Metode penelitian menggunakan metode deskriftif dengan teknik pengumpulan data secara survey dan wawancara kepada pemilik usaha. Teknik analisis dilakukan dengan metode SWOT yaitu dengan mendeskripsikan lingkungan internal dan lingkungan eksternal yang menjadi Strengths (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunities (peluang), dan Threats (ancaman) bagi UMKM Rengginang Teh Entin. Untuk meningkatkan penjualan perlu beberapa strategi salah satunya yaitu strategi pemasaran yang dilakukan dengan memanfaatkan sosial media. Hasil penelitian ini menerangkan bahwa sosial media merupakan pengaruh besar terhadap penjualan rengginang di Desa Cibadak. Dari hasil analisis SWOT menghasilkan dua strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan yang dapat dipilih oleh UMKM yaitu mempertahankan harga dan meningkatkan kualitas produk dengan cara melakukan inovasi kemasan untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen serta melakukan kegiatan promosi dan iklan untuk menarik pelanggan potensial dan memperluas daerah pemasaran dengan melalui sosial media.