PENGENALAN BAHASA INGGRIS UNTUK SISWA SD KELAS 1-3 DUSUN KRAJAN DESA CIBADAK DENGAN METODE REWARD AND PUNISHMENT

  • Slamet Arifudin Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Acim Supriadi Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengenalkan Bahasa Inggris kepada anak-anak SD
kelas 1-3 di Dusun Krajan Desa Cibadak dengan menggunakan metode reward and
punishment. Target sasaran dalam kegiatan ini ditargetkan pada anak-anak SD kelas 1
samapai kelas 3 dan belum menerima pelajaran Bahasa Inggris. Kegiatan ini diikuti oleh
24 anak-anak dari Dusun Krajan. Prosedur kajian dalam penulisan artikel ini berdasarkan
data profil desa/kelurahan (Prodeskel) serta dari beberapa jurnal pendukung. Dalam teknik
pengambilan sampel, peneliti menggunakan teknik pemberian reward and punishment
dalam pembelajaran kosa kata Bahasa Inggris. Reward merupakan bentuk reinforcement
(penguatan) yang bersifat positif. Guru biasanya akan memberikan nilai tambahan bagi
siswa yang mampu mengerjakan tugas sebagai reward (hadiah). Reward tidak selalu
berbentuk sebagai barang atau materi, bahkan reward bisa juga berbentuk sebagai motivasi
bagi siswa. Punishment atau hukuman juga bisa diartikan sebagai salah satu bentuk
tindakan seseorang dalam memberikan atau mengadakan nestapa dan penderitaan dengan
sengaja kepada anak yang menjadi asuhan kita, dengan harapan agar penderitaan tersebut
betul- betul dapat dirasakan siswa menuju arah perbaikan. Hasil Penelitian ini
menerangkan bahwa anak-anak di Dusun Krajan, Desa Cibadak memiliki antusias
terhadap pengenalan Bahasa Inggris, metode reward and punishment efektif diterapkan
pada anak untuk menstimulus daya ingat anak terhadap kosa kata Bahasa Inggris.

Published
2023-03-06