UPAYA PENINGKATAN DIGITALISASI UMKM TERHADAP RENGGINANG TEH ENTIN DI DESA CIBADAK
Abstract
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu sektor yang terkena
dampak adanya pandemi Covid-19. Dampak tersebut membuat daya beli masyarakat turun,
dan banyak konsumen berganti melakukan pembelian secara online. Salah satu solusi yang
bisa dilakukan untuk tetap bertahan dan meningkatkan pertumbungan UMKM adalah
memanfaatkan perkembangan digitalisasi yang saat ini terus berkembang merambah kepada
berbagai kalangan masyarakat. Sehingga diperlukan adanya peningkatan terhadap UMKM
mengenai digital marketing melalui market place dan konten marketing, pentingnya legalitas
dalam mudahnya pengembangan usaha, serta keterampilan bagi pebisnis UMKM untuk
mengelola keuangan. Sasaran kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah pemilik UMKM di
Desa Cibadak Kecamatan Rawamerta, Kota Karawang. Metode pelaksanaan yang
dimanfaatkan pada pengabdian untuk masyarakat ini yakni metode pelatihan serta
pendampingan secara door to door kepada masing-masing pelaku UMKM. Evaluasi aktivitas
yang dimanfaatkan pada pengabdian masyarakat ini merupakan unsur keterampilan serta
pengetahuan. Pelatihan yang diberikan oleh kelompok KKN UBP Karawang “Veteran” Jawa
Barat mengenai inovasi dan digitalisasi UMKM berhasil merubah UMKM yang awalnya
masih konvensional menjadi digital. Tujuan kegiatan ini adalah pelaku usaha dapat
memanfaatkan internet dan teknologi untuk menunjang pemasaran produk serta memperluas
jangkauan target pasar melalui digital marketing.