PEMANFAATAN MEDIA WEBSITE SEBAGAI SARANA DIGITAL MARKETING UMKM DI DESA CIBADAK

  • Aida Solehah Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Acim Supriadi Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Pandemi COVID-19 membuat banyak kegiatan masyarakat dan berbagai macam sektor
terkena dampak dari wabah tersebut, sehingga membuat beberapa sektor penting mengalami
penurunan yang drastis. Salah satu sektor yang terdampak adalah sektor ekonomi. Sektor
ekonomi menjadi yang mendapatkan dampak paling terasa terutama bagi pelaku UMKM.
Pelaku UMKM Desa Cibadak mengalami kendala dalam pemasaran produk karena pada
keadaan COVID-19 mereka terdampak penurunakan penjualan yang cukup drastis. Maka dari
itu pemnafaatan media Website UMKM Desa Cibadak bertujuan untuk menjadi wadah bagi
para pemilik UMKM, yang berfungsi untuk memsarkan dan mempromosikan produk UMKM
dari Desa Cibadak. Wevsite ini dibuat dengan harapan dapat mengatasi permasalahan dan
dapat memsarkan dan mempromosikan produk secara luas kepada masyarakat. Pada proses
pembuatan Website UMKM, digunakna metode Observasi, karena perlu memiliki data terkait
produk, jenis produk, serta harga produk yang dihasilkan UMKM. Dengan adanya Website
ini diharapkan dapat meningkatkan dan menumbuhkan perekonomian masyarakat di Desa
Cibadak.

Published
2023-03-06