PENGENALAN PENCATATATAN AKUNTANSI SEDERHANA DAN DIGITAL MARKETING BAGI UMKM DESA CIBADAK
Abstract
UMKM (Usaha Kecil Mikro dan Menengah) sebagai penopang perekonomian bangsa, tetapi saat ini banyak yang belum menerapkan akuntansi dalam menjalankan bisnisnya. Pengelolaan keuangan yang baik merupakan kunci keberhasilan atau kegagalan UMKM. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian masyarakat berupa sosialisasi pengenalan akuntansi sederhana dan digital marketing bagi UMKM masih sangat diperlukan. Pelatihan ini ditujukan bagi pelaku UMKM yang ada di Desa Cibadak Kecamatan Rawamerta. Dengan adanya pencatatan akuntansi sederhana dan pemasaran melalui digitalisasi pelaku UMKM dapat mengetahui informasi keuangan usahanya serta mampu menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat. Pelaksanaan kegiatan ini menggunakan metode kualitatif melalui sosialisasi yang berupa diskusi dan tanyajawab terkait materi yang disampaikan. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa pelaku UMKM di Desa Cibadak masih banyak yang belum menerapkan akuntansi dan digital marketing dalam usahanya. Kendala yang menghambat UMKM yaitu keterbatasan pengetahuan terhadap ilmu akuntansi, keterbatasan pengetahuan mengenai digital marketing, belum pernah mendapat pelatihan akuntansi dan anggapan bahwa laporan keuangan bukanlah hal yang penting bagi pelaku UMKM, kondisi ini bertolak belakang dengan pentingnya pencatatan akuntansi dan digital marketing. Kegiatan pengabdian masyarakat ini membantu memberikan pengetahuan kepada pelaku UMKM di Desa Cibadak untuk menerapkan praktik akuntansi sederhana serta menerapkan digital marketing dalam kegiatan usaha mereka sehingga mereka dapat meningkatkan usaha.