STRATEGI MARKETING MELALUI MEDIA SOSIAL PADA RENGGINANG TEH ENTIN DI DESA CIBADAK
Abstract
Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran melalui media sosial pada UMKM Rengginang Di Desa Cibadak Kecamatan Rawamerta Kabupaten karawang. Media sosial menjadi salah satu sarana penghubungnya, informasi di media sosial bersifat real time dan cukup besar pengaruhnya bagi masyarakat. Maka dari itu media sosial lebih efisien, murah dan tepat sasaran. peran internet pada saat ini bukan hanya sebagai sarana mencari informasi, tapi juga mempunyai potensi besar sebagai media pemasaran. Pemasaran yang memanfaatkan media internet disebut internet marketing atau elektronik marketing (e-marketing) salah satu media atau aplikasi pedukung kegiatan e-marketing yang sedang berkembang adalah media sosial seperti facebook dan instagram. Tujuan strategi marketing meningkatkan penjualan pada rangginang teh entin melalui media sosial. Hal ini membuat pemilik UMKM sangat cocok menggunakan digital marketing untuk mencapai pangsa pasar sasarannya dan dengan demikian untuk meningkatkan penjualannya. Metode yang digunakan adalah metode edukasi kepada pelaku UMKM rengginang yang berada di Desa Cibadak Kecamatan Rawamerta Kabupaten Karawang ini dengan memberikan informasi mengenai pentingnya potensi pemasaran dengan memanfaatkan digitalisasi untuk meningkatkan pendapatan UMKM.