PERANAN DIGITALISASI MARKETING BAGI UMKM DI DESA CIBADAK
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengenalkan Bagaimana peranan digital marketing bagi umkm di Dusun Krajan Desa Cibadak. Target sasaran dalam kegiatan ini ditargetkan pada penduduk/pemilik umkm di Desa Cibadak. Kegiatan ini diikuti oleh ibu-ibu PKK dari Dusun Krajan. Prosedur kajian dalam penulisan artikel ini berdasarkan data profil desa/kelurahan (Prodeskel) serta dari beberapa jurnal pendukung. Dalam teknik pengambilan sampel, metode yang digunakan adalah WOM (Word of Mouth) . peneliti menggunakan teknik praktek langsung dan pembuatan media sosial dalam mengelola umkm. Media Sosial merupakan platform digital yang memfasilitasi penggunanya untuk saling berkomunikasi atau membagikan konten berupa tulisan, foto dan video. Flatform digital yang menyediakan fasilitas untuk melakukan aktivitas sosial bagi setiap penggunanya. Media sosial juga merupakan sebuah sarana untuk bersosialiasi satu sama lain dan dilakukan secara daring yang memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu. Hasil Penelitian ini menerangkan bahwa ibu-ibu PKK di Dusun Krajan, Desa Cibadak memiliki antusias terhadap pengenalan UMKM yang sedang kami bina, dengan menggunakan media sosial untuk membantu ibu-ibu PKK untuk menyebarluaskan UMKM dapat meningkatkan ekonomi di Desa Cibadak.