PEMANFAATAN ENDORSE UNTUK PEMASARAN DIGITAL PADA PRODUK UMKM KOPI SANGGABUANA MENGGUNAKAN INSTAGRAM DI DESA MEKARBUANA

  • Safinatul Halwa Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Hj. Netti Nurlenawati, Ir., M.M Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu prioritas
pengembangan di setiap Negara. Hal ini disebabkan oleh besarnya sumbangsih UMKM
terhadap negara khususnya dalam bidang ekonomi dan sosial. Selain meningkatkan
pertumbuhan ekonomi Negara. UMKM tersebut tersebar di banyak daerah, tak terkecuali di
Desa Mekarbuana Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Karawang yang memiliki UMKM yang
bergerak pada bidang produk kopi. Sampai saat ini pemasaran yang digunakan masih bersifat
konvesional, padahal mereka sudah memiliki beberapa akun media sosial dan platform untuk
berjualan secara online. karena ada beberapa permasalahan yang dihadapi oleh UMKM kopi
sanggabuana, yaitu kurangnnya kemampuan pelaku UMKM di Desa Mekarbuana dalam
memasarkan produk menggunkan media online seperti pe,asaran melalui Instagram. Selain itu,
terbatasnya informasi tentang bagaimana cara melakukan pemasaran konten melalui Instagram
yang tepat guna dan sasaran oleh pelaku UMKM Kopi sanggabuana untuk meningkatkan
brand awareness pada produk yang dijual melalui konten-konten yang di publish melalui
Instagram. Tujuan dari sosialisasi atau pelatihan tentang bagaimana memanfaatkan Instagram
sebagai srategi dalam memasarkan produk, khususnya tentang bagaimana cara memanfaatkan
endorse yaitu diharapkan strategi pemasaran menjadi lebih optimal dan tepat sasaran.untuk
memenuhi kebutuhan UMKM kopi sanggabuana maka dilakukan sosialisasi pemanfaatan
endorse pada media sosial Instagram sebagai media pemasaran digital produk oleh mahasiswa
pengabdian masyarakat. Metode yang digunakan berupa penyampaian materi mengenai
sosialisasi dan pelatihan pemanfaatan endorse untuk pemasaran digital pada Instagram. Hasil
dari Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini adalah Meningkatnya potensi pelaku UMKM kopi
sanggabuana dalam memanfaatkan Instagram sebagai media pemasaran.

Published
2023-03-03