INOVASI PENGEMBANGAN UMKM PISANG BATIK DESA CIPURWASARI MELALUI DIGITALISASI

  • Huda Saepul Anwar Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Fitria Nurapriani, S.PD.,M.PD Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Masuknya era revolusi industri 4.0. yang menggabungkan antara teknologi digital dengan
internet, memberikan kemudahan pada proses bisnis di masa pandemi. Salah satu tantangan dalam
penerapan digitalisasi pemasaran pada UMKM adalah minimnya kompetensi dan juga pengetahuan
pelaku UMKM terkait media digital pemasaran yang telah tersedia saat ini. Oleh sebab itu,
dilaksanakanlah kegiatan pengabdian masyarakat yang difokuskan untuk memberikan pemahaman,
keterampilan dan pendampingan terkait pelatihan kompetensi pemasaran digital kepada UMKM di
Desa Cipurwasari, Kecamatan Tegalwaru. Pengamatan ini menggunakan metode pelatihan yang
dilaksanakan dalam bentuk serangkaian dimulai dari sosialisasi dan analisis kondisi awal yang
disebut sebagai pencarian solusi dan tahapan evaluasi. kegiatan ini dilaksanakan melalui enam
tahap kegiatan inti terstruktur diantaranya melakukan kunjungan, melakukan diskusi bersama,
melakukan pelatihan, melakukan perubahan packaging produk, serta melalukan pemasaran di media
sosial. Pelaku UMKM selaku peserta dalam kegiatan ini cukup antusias dan sangat merasa terbantu
dengan adanya kegiatan ini. Para pelaku UMKM seharusnya bisa memanfaatkan teknologi dengan
mudah di era globalisasi ini. Dengan teknologi dan cara pemasaran digitalisasi, penjualan akan semakin
meningkat di era persaingan pasar yang semakin tinggi.

Published
2023-03-02