PENGEMBANGAN UMKM MELALUI PENINGKATAN PEMASARAN KRIPIK PISANG BATIK DI DESA CIPURWASARI

  • Adriansyah pamungkas Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Fitria Nurapriani, S.PD.,M.PD Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terbukti memberikan kontribusi bagi perekonomian
Indonesia. Permasalahan pada UMKM adalah keterbatasan modal kerja, kapasistas sumber daya
manusia yang sangat rendah dan minimnnya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang secara
umum berdampak pada prospek usaha. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan UMKM kripik
pisang batik pada UMKM di desa cipurwasari agar usaha yang dijalankan mampu bersaing di pasar
dan semakin berkembang dimasa yang akan datang. Hasil dari kajian ini yaitu pengembangan produk
UMKM untuk meningkatkan pemasaran , pembinaan keterampilan sumber daya dan peningkatan
pemasaran produk secara online.

Published
2023-03-02