SOSIALISASI PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING BAGI PELAKU UMKM DI DESA CIPURWASARI

  • Risma Yati Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Fitria Nurapriani, S.PD.,M.PD Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

UMKM adalah sesuai dengan jenis usahanya yakni usaha mikro, usaha kecil dan usaha menengah.
Berdasarkan data dari Kementrian Koperasi dan UMKM saat ini jumlah dari usaha mikro, kecil, dan
menengah (UMKM) mencapai 65,47 juta unit pada tahun 2019. Semakin banyak UMKM maka
semakin banyak pula tenaga kerja terserap. Hal tersebut akan mengurangi pengangguran di Indonesia.
Akan tetapi pelaku UMKM dihadapkan dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat. Hal ini
membuat pelaku UMKM bisa beradaptasi dengan kemajuan tersebut. Hal yang sama juga dirasakan
oleh pelaku UMKM di Desa Cipurwasari yaitu Kelompok Wanita Tani (KWT) dengan produknya
yaitu pisang batik. Karena hal tersebut dilakukan sosialisasi mengenai pemanfaatan digital marketing
untuk pemasaran produk UMKM. Diharapkan pelaku UMKM dapat memahami penggunaan media
digital sebagai sarana pemasaran produk dan mampu memanfaatkannya untuk mengembangkan usaha
mereka.

Published
2023-03-02