Sosialisasi Motivasi Belajar Terhadap Siswa SDN Cigunungsari 1

  • Helmi Suwandi Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Asep Darojatul Romli Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Sosialisasi adalah salah satu sarana yang mempengaruhi kepribadian seseorang. Sosialisasi biasa di sebut sebagai teori mengenai peranan (role theory). Karena dalam proses sosialisasi diajarkan peran-peran yang harus dijalankan oleh individu. Motivasi adalah suatu kondisi yang mengaktifkan dan menopang perilaku menuju suatu tujuan. Orang-orang termotivasi untuk mengembangkan kompetensi dan memecahkan masalah dengan penghargaan dan hukuman, untuk belajar lebih giat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan studi kasus. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 20 Juli 2022 di Desa Cigunugsari Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Karawang. Metode penelitian deskripsti kualitatif mempunyai ciri-ciri yakni menggambarkan proses dari waktu ke waktu dalam situasi yang alami tanpa rekayasa serta dapat mengungkap hubungan yang wajar antara peneliti dengan informant (Nugrahani 2014). Dari hasil jalur diatas dapat diambil suatu pengerian, bahwa ada kecenderungan siswa yang mempunyai motivasi belajar yang tinggi akan mempunyai motivasi minat dan semangat yang tinggi dalam belajar, sehingga siswa yang memiliki motivasi yang tinggi akan dapat belajar senang dan sukarela. Sebaliknya siswa yang tingkat motivasi belajarnya rendah akan mempunyai minat dan semangat yang rendah dalam belajar, dan malas untuk mengikuti proses pembelajaran. Pentingnya motivasi belajar bagi setiap individu terutama bagi para pelajar, motivasi bisa memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap pencapaian yang individu inginkan. Bagi siswa-siswi motivasi belajar merupakan salah satu aspek yang sangat penting untuk mencapai sebuah prestasi belajar dan melewati masa - masa ketika semangat sedang turun sehingga motivasilah yang akan menjadi pendorong.

 

Published
2023-03-02