PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN PADA UMKM SOFABED CIDORO MANDIRI DESA CIGUNUNGSARI

  • Muhammad Fauzi Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Asep Darojatul Romli, M.PD Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Usaha mikro, kecil, dan menengah atau yang selanjutnya kita sebut sebagai
UMKM adalah suatu bentuk usaha produktif yang dimiliki oleh perorangan atau
badan usaha yang biasanya bergerak dalam ruang lingkup kegiatan perdagangan.
Tujuan dari pelaksanaan kuliah kerja nyata di desa Cigunungsari untuk
memperbaiki kekurangan dan permasalahan yang ada di desa Cigunungsari
Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Karawang terutama di bidang UMKM. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode
deskriptif, karena penulis mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan UMKM
dan di sesuaikan dengan tujuan penelitian. Teknik pengambilan data menggunakan
data primer, yaitu data yang di peroleh secara langsung dari objek penelitian.
Sumber data ini di peroleh dengan wawancara dan observasi secara langsung ke
pemilik UMKM Sofabed Cidoro Mandiri. Sedangkan studi pustaka (literature
study) yang dilakukan oleh penulis untuk menghimpun informasi yang relevan
dengan topik atau masalah yang akan diteliti. Masalah yang di hadapi oleh UMKM
sofabed Cidoro Mandiri adalah pemasaran atau promosi produk yang kurang
diperhatikan dan direncanakan dengan baik sehingga kurang terekspos dalam hal
pemasaran. solusi UMKM Sofabed Cidoro Mandiri terkait permasalahan yang di
alami saat ini yaitu dengan cara melakukan permasaran sofabed melalui sosial
media yang mana sofabed Cidoro Mandiri dipasarkan di media sosial yaitu What’s
App (WA), Instagram (IG), Tiktok, dan Facebook. Media e-commerce sepertiLazada, Tokopedia, Shopee dll. Dalam pemasaran di media sosial yang di unggah
adalah menggunakan pamflet dan video singkat terkait pemasaran sofabed Cidoro
Mandiri.

Published
2023-03-02