SOSIALISASI STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA JATIDIPALA DENGAN MENAMBAH “SPOT PHOTO” DI DESA SUMBERJAYA

  • Mardiansyah Fajar Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Rahmat M.Pd Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Di Era sekarang ini yang mana segala sesuatunya tidak lepas dari dunia digital, maka perlu adanya
penyesuaian untuk mengikuti perkembangan zaman tersebut, salah satu nya adalah untuk pengembangan satu
tempat objek wisata yang ada disuatu daerah. Penelitian ini dilakukan saat kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di
objek wisata Jatidipala Desa Sumberjaya, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Karawang. Peneliti berkunjung ke
objek wisata jatidipala bertujuan untuk menjelaskan strategi pengembangan dan memberi bahan masukan kepada
pengelola objek wisata. Selanjutnya metode penelitian yang dilakukan menggunakan metode Kualitatif Deskriftif,
dan teknik pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumen. Penelitian ini bertujuan untuk
menarik wisatawan untuk berkunjung ke objek wisata jatidipala. Strategi pengembangan obyek wisata dapat
dilakukan dengan perencanaan membangun dan menambah “spot photo” di objek wisata jatidipala tersebut,
Adapun penulis melakukan sosialisasi kepada pengurus di objek wisata jatidipala. Dengan sosialisasi yang
dilakuakan harapan nya para pengurus lebih paham akan pentingnya “spot photo” yang modis atau lebih dikenal
dengan istilah “area estetik”

Published
2023-03-01