EDUKASI NILAI-NILAI PANCASILA DIKALANGAN ANAK-ANAK DI SDN SUMBERJAYA I DI DESA SUMBERJAYA KECAMATAN TEMPURAN

  • Syahrudin Yusuf Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Rahmat Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Perguruan tinggi sebagai bagian dari masyarakat, diharapkan kontribusinya secara nyata di masyarakat. Hal ini tertuang dalam bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat. Edukasi nilai-nilai Pancasila dikalangan anak-anak merupakan suatu usaha yang potensial bagi perkembangan anak usia dini sehingga dalam pelaksanaannya perlu dioptimalkan dan digali kembali potensi-potensi yang ada untuk meningkatkan perkembangan anak- anak. Maka, sesuai dengan tugas yang harus dilakukan mahasiswa, penulis melakukan bentuk pengabdian kepada masyarakat berupa edukasi nilai-nilai pancasila dikalangan anak-anak di SDN SumberJaya I yang berada di Desa Sumberjaya, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Karawang bergerak di bidang pendidikan dan anak-anak. Bentuk pembinaan yang dilakukan adalah dengan mengedukasi nilai-nilai Pancasila kepada anak-anak sekolah dasar kelas V guna meningkatkan pengetahuan dan perkembangan anak usia dini. Moral sangat penting mengingat sekarang ini banyak anak-anak remaja yang berbuat tidak bermoral. Untuk itu moral perlu ditanamkan sejak dini. Moral selalu mengacu pada baik buruknya manusia sebagai manusia Berdasarkan hasil analisis di lapangan mengenai nilai-nilai Pancasila terdapat beberapa hambatan, seperti terbatasnya pembelajaran mengenai nla-ilai pancasila sehingga dapat mempengaruhi kurangnya pengetahuan siswa, kurang nya inovasi dalam proses belajar dan pembelajaran.

Published
2023-03-01