PEMANFAATAN E-COMMERCE DALAM MENINGKATKAN PEMASARAN UMKM DESA LEMAHKARYA KECAMATAN TEMPURAN KABUPATEN KARAWANG
Abstract
Perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat menuntut masyarakat untuk mulai mengenal dan selalu berhubungan dengan internet. Gaya hidup melalui internet atau sering disebut digitalisasi. Digitalisasi merupakan proses peralihan analog menjadi digital. Pemanfaatan digitalisasi tidak hanya dilakukan oleh perusahaan besar, tetapi juga dilakukan pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Tentunya agar UMKM bertahan dalam menghadapi persaingan, maka perlu adanya strategi pemasaran melalui digitalisasi. Salah satu gaya hidup digitalisasi adalah jual beli melalui internet atau sering disebut E-Commerce. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi pemanfaatan E- Commerce dalam rangka meningkatkan pemasaran UMKM yang ada di Desa Lemahkarya, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Karawang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan E-Commerce akan dapat meningkatkan pendapatan UMKM, produk yang dipasarkan akan lebih mudah dikenal oleh konsumen sehingga memudahkan dalam mendapatkan pelanggan. Selain itu, pemanfaatan E- Commerce dapat menghemat biaya promosi dan meningkatkan kecepatan bertransaksi. Hal ini yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan pemasaran UMKM yang ada di Desa Lemahkarya, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Karawang.