SOSIALISASI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN UMKM DESA LEMAHKARYA
Abstract
Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan suatu bentuk implementasi mahasiswa dalam
menjalankan Tridharma Perguruan tinggi. Dalam kegiatan KKN, peneliti memilih salah satu
UMKM yang berada di Desa Lemahkarya untuk dijadikan bahan penelitian serta bermaksud
memberikan inovasi terbaik bagi UMKM tersebut.
UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) merupakan usaha yang didirikan oleh sekelompok
orang atau individu untuk membantu perekonomian masyarakat sekaligus membuka lapangan
pekerjaan. Cemilan Bu Omis merupakan suatu usaha mikro kecil menengah yang didirikan
dengan cara memberdayakan masyarakat Desa Lemahkarya , kecamatan Tempuran dengan
memproduksi rengginang, opak , keripik bawang ,dan rempeyek . Penelitian ini menggunakan
metode deskriptif, dimana hasil penelitian dapat dijelaskan secara spesifik. Penelitan ini
bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif promosi di media sosial pada UMKM di Desa
Lemahkarya untuk meningkatkan penjualan.
Promosi produk yang dilakukan yaitu dengan membuat akun media sosial instagram yang
bertujuan agar konsumen lebih tertarik dan dapat memilih produk sesuai kebutuhan dan
keinginan konsumen.
Salah satu tujuan utama dari digital marketing adalah menjangkau target pelanggan dengan lebih
efisien dan efektif melalui media digital yang ada. Dengan begitu, digital marketing diharapkan
dapat merangkul konsumen secara lebih cepat, tepat dan luas.
Pengembangan sumber daya manusia (SDM) di era digital merupakan hal yang penting saat ini,
hampir seluruh perusahaan membutuhkan teknologi digital untuk memudahkan proses pekerjaan
yang dilakukan.