IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA MELALUI MEDIA DIGITAL TERHADAP SISWA SDN LEMAHKARYA II

  • Mega Ambarwati Abdul Gani Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Ade Astuti Widia Rahayu, S.T., M.T Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Kuliah Kerja Nyata adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa
dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia.
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi di Indonesia telah mewajibkan setiap perguruan tinggi
untuk melaksanakan KKN sebagai kegiatan intrakurikuler yang memadukan tri dharma
perguruan tinggi yaitu: pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
Pengimplementasian nilai-nilai pancasila sangat penting diajarkan kepada semua orang terutama
sekolah, merupakan salah satu konsep pendidikan yang berfungsi untuk membentuk siswa
sebagai warga negara yang Pancasialis. Dengan menggunakan metode deskriptif yang dilakukan
dengan studi dokumen dan wawancara, sumber data yang digunakan yaitu sekunder dan primer
dengan melakukan wawancara dan observasi maka dapat diperoleh bahwa siswa-siswi SDN
Lemahkarya II sebagian besar sudah mampu mengimplementasikan nilai-nilai pancasila pada
kehidupan sehari-hari dengan bantuan pembelajaran menggunakan media digital. Penerapan
nilai-nilai Pancasila dalam proses pembelajaran melalui pendidikan sangat penting karena
pendidikan nasional pada dasarnya berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk
watak dan peradaban bangsa yang bermanfaat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa,
bertujuan untuk berkembangnya potensi anak didik agar menjadi manusia yang beriman dan
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif,
mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Published
2023-03-01