PSIKOEDUKASI PENGGUNAAN GADGET PADA MURID SEKOLAH DASAR DESA LEMAHSUBUR
Abstract
Dalam penggunaan gadget, terutama pada anak usia sekolah dasar dapat memberikan dampak
maupun pengaruh pada perkembangan kognitif pada anak, kontrol sosial-emosional, nilai
agama dan moral, serta bahasa dan aspek fisik-motorik anak. Metode penulisan yang
digunakan dalam artikel ini menggunakan studi pustaka. Dengan tujuan penelitian untuk
menjelaskan pada murid di sekolah dasar Desa Lemahsubur tentang beberapa dampak dan
pengaruh yang diberikan dalam penggunaan gadget tanpa adanya pengendali. Selain itu,
penggunaan gadget secara tepat dan benar dapat membantu anak untuk bersosialisasi pada
lingkungannya dan sebagai media stimulasi yang dapat membantu dalam mengoptimalkan
perkembangan anak. Sedangkan jika tidak adanya pengendalian dalam penggunaan gadget
bahkan tanpa adanya pengawasan tentu dapat memberikan dampak buruk bagi perkembangan
anak dimasa yang akan mendatang.