STRATEGI PEMASARAN UMKM DI DESA LEMAHSUBUR MELALUI DIGITALISASI PEMASARAN PRODUK DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM

  • Windyani Eka Putri Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • N.Neni Triana, ST.,MM Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi di Indonesia saat ini terus meningkat di setiap tahunnya. Hal
tersebut memiliki dampak positif dalam bidang usaha UMKM. Namun karena Indonesia masih
berstatus pandemi Covid-19, tentu menjadi suatu ancaman bagi pelaku UMKM yang mulanya
berjualan secara konvensional, kini harus beralih ke digital. Hal tersebut membuat banyak UMKM
yang berhenti karena kehilangan konsumennya, namun ada juga yang tetap menjalankan usahanya
dengan memanfaatkan digitalisasi pemasaran. Peralihan belanja ke media digital memberikan banyak
manfaat karena pelaku UMKM dapat memasarkan produknya dengan luas. Namun berbeda dengan
UMKM di Desa Lemahsubur yang memiliki keterbatasan dalam menggunakan media digital sehingga
perlu menata strategi pemasaran agar usahanya tetap berkembang. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode deskriptif dengan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukan
beberapa strategi pemasaran dengan pemanfaatan media digital seperti pentingnya upgrade kemasan,
memanfaatkan market place dan media sosial serta membuat iklan produk yang menarik. Strategi
pemasaran tersebut diharapkan mampu membantu UMKM dalam mengembangkan dan meningkatkan
penjualan UMKM yang ada di Desa Lemahsubur.

Published
2023-03-01