PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP KEPRIBADIAN SISWA SEKOLAH DASAR SDN LEMAHSUBUR 1
Abstract
Penggunaan smartphone yang terlalu berlebihan dan tidak sewajarnya akan menimbulkan pengaruh terhadap kepribadian siswa. Kepribadian siswa seharusnya menjadi perhatian khusus dalam menanamkan karakter kepada mereka. Karena kepribadian tersebut akan sangat berpengaruh terhadap tumbuh-kembang siswa. Sehingga para siswa dapat mengurangi penggunaan smartphone secara terus menerus, dikarenakan pada saat ditetapkannya situasi Covid-19 pada tahun 2020 di Indonesia mengakibatkan para siswa diharuskan belajar secara online menggunakan smartphone sehingga secara tidak langsung siswa mendapatkan dampak negatif dan positif dari penggunaan smartphone tersebut. Bagi anak-anak yang sering menggunakan smartphone akan merasa sangat bergantung dan bahkan menjadi kegiatan yang wajib dilakukan dalam kegiatan sehari - harinya. Sebab itu, saat ini banyak anak-anak yang lebih sering bermain smartphone daripada harus belajar atau bersosialisasi dengan lingkungan sekitar (Al-Ayouby, 2017). Kondisi tersebut sangatlah mengkhawatirkan, karena masa anak-anak identik dengan sifat yang belum stabil serta mempunyai rasa keingintahuan yang besar sehingga dapat meningkatnya prilaku konsumtif pada anak. Metode kegiatan ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif, memberikan pemaparan materi dan juga tanya jawab terhadap siswa terkait penggunaan smartphone. Target yang dilakukan pada kegiatan ini yaitu siswa kelas II dan III. Oleh karena itu, berdasarkan hasil observasi yang telah telah dilakukan bahwa banyak siswa terutama kelas II dan III yang ketergantungan dalam penggunaan smartphone. Sehingga penulis bertujuan untuk mendapatkan data mengenai Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Kepribadian Siswa Sekolah Dasar di SDN Lemahsubur I. Hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa mayoritas siswa tidak fokus dalam proses pembelajaran, malas untuk membaca dan menulis dan acuh terhadap lingkungan sekitarnya.