PEMASARAN PRODUK USAHA KECIL MENENGAH MIKRO (UMKM) SARI RASA BERBASIS DIGITAL DI DESA LEMAHSUBUR
Abstract
Inovasi teknologi dalam pemasaran dengan memanfaatkan internet berupa digital marketing atau internet marketing merupakan paradigma yang harus dipahami dalam bisnis saat ini. Jika dahulu model interaksi bisnis tradisional bersifat face to face, maka saat ini model interaksi itu telah berkembang ke arah interaksi modern berbasis elektronik atau e-commerce yang faceless. digital marketing bukan hanya tentang memahami teknologi mendasarinya, melainkan tentang memahami orang, bagaimana menggunakan teknologi itu serta memanfaatkan teknologi untuk terlibat secara efektif. E-commerce adalah kegiatan melakukan perdagangan secara online melalui media internet dan perangkat yang terintegrasi dengan internet. Kualitas layanan elektronik didefinisikan sebagai perluasan fungsionalitas situs web yang secara efektif dan efisien memfasilitasi aktivitas belanja, pembelian, dan penjualan. Berdasarkan hasil identifikasi diketahui masih kurangnya literasi digital kepada pelaku UMKM di Desa Lemahsubur. Hal ini sesuai dengan hasil interview kepada peserta yang belum memanfaatkan teknologi digital ataupun hanya menggunakan media sosial (WhatsApp) dalam memasarkan produknya dikarenakan kurangnya pengetahuan atas penggunaan marketplace / media sosial tersebut. Sehingga tujuan pemerintah untuk meningkatkan jumlah usaha kecil berkemampuan digital dapat segera terwujud. Lebih lanjut, pengembangan UMKM digital juga harus menjadi prioritas utama bagi pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan agar ekosistem ekonomi digital dapat terus berfungsi dengan baik di Indonesia. Mengembangkan UMKM digital juga akan membantu memperkuat ekosistem kewirausahaan digital Indonesia.