PENERAPAN DIGITAL MARKETING DALAM UPAYA MENINGKATKAN NILAI PENJUALAN PADA UMKM DI DESA GEMPOLKARYA

  • Ahmad Junaedi Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Bayu Priatna, S.KOM Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

 

Usaha Mikro Menengah merupakan salah satu kegiatan usaha yang dapat dilakukan oleh semua masyaraka, UMKM juga merupakan jenis usaha yang dapat mengatasi perekonomian masyarakat Indonesia. Selain itu UMKM juga dapat mengatasi pengangguran. Usaha Mikro Kecil Menengah salah satu hal terpenting yang   dapat   menentukan   kesuksesan   suatu   bisnis   ialah   pemasaran (marketing). Pemasaran membantu memperkuat   sebuah bisnis,   bahkan bisnis   yang sudah besar pun tetap mengandalkan pemasaran untuk menjangkau pelanggan. Tidak peduli seberapa hebat produk atau layanan yang ditawarkan suatu   bisnis,   jika   orang-orang   tidak   mengetahui keberadaan bisnis tersebut maka akan sulit bagi bisnis tersebut untuk meraih kesuksesan. Selain membangun kesadaran merek, pemasaran juga dapat meningkatkan penjualan dan menumbuhkan bisnis. Dengan pemasaran yang baik, pelanggan   bisa   memahami   keunggulan   produk   atau layanan yang ditawarkan suatu bisnis dibanding produk atau layanan milik bisnis pesaingnya. Pemasaran bisa jadi sarana   yang   digunakan   untuk   menciptakan   serta   mempertahankan permintaan dan reputasi suatu bisnis. Tanpa pemasaran yang   baik,   suatu   bisnis   berpeluang gulung tikar hingga tutup karena kurangnya laba dan penjualan. Di era yang serba   digital sekarang ini, pemasaran digital (digital marketing) menjadi metode baru yang sangat berperan penting dalam memasarkan suatu bisnis, terutama bisnis seperti online shop. Contohnya seperti Shoppe, Instagram, Facebook dan WhatsApp. Pelaku UMKM di Desa Gempolkarya belum melakukan penjualannya melalui digital marketing.

Published
2023-02-27