UPAYA MENGATASI FAKTOR PENGHAMBAT DIGITALISASI PEMASARAN PADA UMKM DI DESA KUTAMAKMUR KECAMATAN TIRTAJAYA KABUPATEN KARAWANG

  • Regita Rizkie Fannisyah, Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Anwar Hidayat, SH.,MH. Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Desa Kutamakmur merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Tirtajaya Kabupaten Karawang. Desa ini berada di pesisir pantai, masyarakatnya mayoritas adalah pedagang ikan karena sumber daya alam berupa perikanan sangat potensial. Dalam melakukan kegiatan wirausaha sebagai di jaman modern ini, para pelaku UMKM di Desa Kutamakmur kurang memahami cara memasarkan produknya secara digital. Faktor-faktornya antara lain karena tidak memiliki media perantara digital marketing (smartphone, laptop, dan sebagainya), kurang memahami cara memasarkan produk melalui internet, platform, dan media sosial, belum melihat potensi keuntungan usaha jika melakukan digitalisasi pemasaran hingga menjangkau konsumen di luar desa, dan lain-lain. Maka dilakukanlah kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) dengan mengusung program kerja yang berfokus pada upaya untuk mengatasi faktor-faktor penghambat digitalisasi pemasaran tersebut. Analisis faktor-faktor tersebut dilakukan dengan melakukan observasi langsung ke tempat usaha serta wawancara dengan pelaku usaha di Desa Kutamakmur. Upaya yang dilakukan guna mengatasi faktor-faktor penghambat digitalisasi tersebut antara lain dapat dilakukan sosialisasi dan arahan bagaimana cara memasarkan produk secara digital dengan menggunakan smartphone dengan harga terjangkau, memberikan sosisalisasi pentingnya digitalisasi pemasaran serta media sosial dan platform apa saja yang dapat digunakan untuk memasarkan produk UMKM secara digital.

 

Published
2023-02-27