SOSIALISASI DIGITAL MARKETING PADA PEMILIK UMKM TAPE DESA TELUKBANGO KECAMATAN BATUJAYA
Abstract
Salah satu bidang usaha yang tetap konsisten dan berkembang dalam perekonomian
nasional salah satunya adalah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Dengan
maraknya pertumbuhan usaha saat ini persaingan pasarpun semakin ketat.Peralihan tren
pemasaran dari konvensional (offline) ke media online menyebabkan para pelaku UMKM
yang tidak memanfaatkan potensi digital marketing kehilangan kesempatan untuk lebih
mengembangkan bisnisnya. Sosialisasi ini diikuti oleh pelaku UMKM dan Mahasiswa
Kuliah Kerja Nyata (KKN) desa Telukbango. Tape adalah makanan yang dibuat dari
fermentasi singkong. Singkong yang diolah menjadi tape adalah singkong yang manis,
biasanya berwarna putih atau kuning. Para pelaku UMKM di sini masih kurang inovatif
dalam mengembangkan usahanya. Umumnya, mereka belum menggunakan daya pikir
yang kreatif untuk menggunakan digital marketing dengan memanfatkan jejaring sosial
sebagai media pemasaran. Sosialisasi ini dilakukan dengan dengan tujuan untuk
membentuk usaha kecil yang produktif dan mengikuti perkembangan zaman. Para peserta
sosialisasi sangat antusias dengan materi dan pemaparan yang disampaikan. Kondisi ini
diharapkan dapat memotivasi para pelaku UMKM mempraktekkan ilmu yang didapat,
sehingga usahanya semakin berkembang dan dapat bersaing pada pasar yang lebih luas.
Kata kunci: UMKM, media social, dan pemasaran digital.