PEMANFAATAN E-COMMERCE UNTUK MEMASARKAN UMKM DI DESA KARYAMULYA
Abstract
Perkembangan teknologi untuk mempermudah segala kegiatan. Sedangkan industri 5.0 menghadirkan berbagai macam kemudahan untuk masyarakat dan dapat memenuhi kebutuhan hidup. Banyak masyarakat yang belum memahami tentang teknologi dan dilihat pada Desa karyamulya banyak sekali UMKM yang belum memasarkan produknya melalui digitalisasi salah satunya UMKM keripik bawang ibu santi, UMKM keripik bawang ibu santi dengan perkembangan jaman serta menghadapi era industri 5.0. UMKM ini masi memasarkan penjualan produknya secara offline, Permasalahan ini dikhawatirkan akan tergantikan oleh kuliner kekinian yang menggunakan teknologi. Dengan permasalahan tersebut maka penulis membantu memasarkan penjualan UMKM Keripik Bawang dengan menggunakan e-commerce dapat memudahkan dan mempercepat penjualannya. Kajian ini dilakukan dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata yang diselenggarakan oleh Universitas Buana Perjuanagan Karawang untuk memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi ke tiga tentang pengabdian kepada masyarakat selama satu bulan penuh.