PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI DIGITALMARKETING DAN MEDIA SOSISAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI UMKM DI DESA LEMAHSUSUBUR
Abstract
Teknologi saat ini terus berkembang, dan penggunanya merasakan manfaat menggunakan
teknologi elektronik digital. Salah satunya meliputi kegiatan usaha mikro kecil dan menengah
(UMKM) dalam pemanfaatan teknologi informasi untuk menjalankan usaha. Penggunaan
media sosial saat era pandemi sangat dibutuhkan oleh pemilik UMKM untuk meningkatkan
usahanya. Penggunaan digital marketing sendiri, sangat berpengaruh bagi pemilik UMKM
dimulai interaksi dengan konsumen melaui jejaring sosial maupun untuk mempromosikan
barang dagangan tersebut. Secara keseluruhan, tujuan dari penelitian ini adalah
mendeskripsikan konsep penjualan digital marketing bagi peserta UMKM di Desa Lemahsubur.
Berdasarkan hasil observasi dan sosislisasi, para pelaku UMKM sebenarnya tertarik untuk
menggunakan digital marketing, namun mereka menghadapi beberapa kendala saat
menggunakan hal tersebut seperti ; kurangnya pemahaman tentang pentingnyadigital marketing,
kurangnya pengetahuan tentang teknologi informasi dan komunikasi yang baik serta cara
menggunakan dan memanfaatkan media sosial, ingin mendapatkan hasil yang cepat, dan
kurangnya pemahaman tentang membuat "postingan" yang menarik. Konsep tentang digital
marketing ini, sangat bagus untuk pemilik UMKM baik tentang mendapatkan informasi,
berinteraksi langsung bersama konsumen, memperluas produk di pangsa pasar serta
meningkatkan produk penjualan.