PEMANFAATAN E-COMMERCE TERHADAP PENENTUAN STRATEGI PENJUALAN PRODUK UMKM SARI RASA DI DESA LEMAHSUBUR

  • Bayu Tri Kurniawan Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • N.Neni Triana, ST . MM. Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Sari Rasa merupakan salah satu UMKM yang ada di Desa Lemahsubur Kecamatan Tempuran Kabupaten Karawang. UMKM Sari Rasa ini didirikan pada tahun 2009 dengan aneka makanan jenis Kue Kering dan Kue Basah. UMKM ini juga tergabung kedalam kelompok binaan PEKKA (Pembinaan Perempuan Kepala Keluarga). Perkembangan UMKM yang ada di Indonesia masih menghadapi berbagai masalah, diantaranya ada masalah promosi, pemasaran dan penjualan produk. Seiring dengan perkembangan teknologi dan sistem informasi maka harus dimanfaatkan untuk pemasaran dan penjualan melalui dunia maya yang sering disebut E-Commerce. Penelitian ini bertujuan untuk memanfaakan E-Commerce terhadap penentuan strategi penjualan produk pada usaha UMKM Sari Rasa ini. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi dan interview. Hasil dari penelitian ini sendiri dapat disimpulkan bahwa usaha ini memiliki peluang bagus dalam hal rasa karena langsung dikelola sendiri oleh pemiliknya, selain itu kedepannya harus lebih berinovasi dan lebih kreatif lagi dalam pengenalan menu- menu baru, pengemasan produk serta harus selalu menjaga kualitas bahan-bahan baku yang digunakan agar memiliki daya saing untuk meningkatkan penjualan di era digitalisasi ini.

Published
2023-02-24