PENERAPAN WEBSITE UMKM UNTUK MEDIA MARKETING USAHA RUMAHAN DENDENG BAROKAH JAYA
Abstract
Usaha Mikro Kecil Menengah atau biasa disebut dengan UMKM merupakan salah satu kegiatan usaha yang dapat dilakukan oleh semua masyarakat, UMKM juga merupakan jenis usaha yang dapat mengatasi perekonomian masyarakat Indonesia. Selain itu UMKM juga dapat mengatasi pengangguran karena dapat menyerap tenaga kerja di Indonesia. Berdasarkan data pokok desa tahun 2021, desa ini mempunyai 200 usaha mikro kecil menengah dan yang menerima bantuan usaha sebanyak 49 UMKM. Akan tetapi banyak faktor yang menghambat perkembangan UMKM di Desa Gempolkarya itu sendiri, salah satu nya yaitu kurangnya pemahaman masyarakat tentang Digitalisasi dan Teknologi. Maka dari itu di lakukan lah pembinaan dan penyuluhan pemanfaatan teknology informasi pada UMKM dan masyarakat sekitar salah satu nya yaitu pemanfaatan website untuk digital marketing. Pembuatan website menggunakan metode empat tahapan pengembangan metode air terjun (Waterfall) yaitu. Requirement,System Design, Coding & implementation dan Integration & testing, menggunakan tools Bootstraps studio. Dengan data yang di ambil dari UMKM website di buat sesederhana mungkin supaya pelaku UMKM mengerti dan dapat menggunakannya.