PENGEMBANGAN PRODUK DAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PROFITABILITAS UMKM DI DESA GEMPOLKARYA
Abstract
Pandemi covid-19 yang terjadi sejak awal 2020 dengan dampak signifikan pada kehidupan sosial dan penurunan kinerja ekonomi di sebagian besar Negara di dunia, termasuk Indonesia. Pandemi covid-19 memberikan dampak salah satunya UMKM Dendeng Ikan Barokah Jaya milik Bapak Rainih di Desa Gempolkarya Kecamatan Tirtajaya Kabupaten Karawang. Dengan adanya program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Buana Perjuangan ini mempunyai tujuan untuk melakukan pemberdayaan wirausaha masyarakat Desa Gempolkarya. Program ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi tentang pengembangan produk dan strategi pemasaran melalui Digital marketing.Hasil yang didapatkan setelah melakukan KKN adalah menginovasi Dendeng ikan dengan memberikan kemasan serta menambah logo pada produk, dan berhasil melakukan strategi pemasaran melalui media sosial, platform, dan website.