PEMANFAATAN E-COMMERCE DAN PEMBUATAN WEBISTE KRIPIK PISANG DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DI DESA GEMPOLKARYA

  • Ade Nurul Iman Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Bayu Priatna Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Sebagai salah satu pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, tim KKN Universitas Buana Perjuangan Karawang di Desa Gempolkarya melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata di Desa Gempolkarya secara hybrid.Di era digital seperti sekarang ini, semua aktivitas masyarakat tidak dapat dipisahkan dari penggunaan teknologi. Hampir semua sektor memanfaatkan teknologi sebagai inovasi tidak terkecuali pada sektor UMKM. Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan salah satu unit usaha yang memiliki peran penting dalam perkembangan, pertumbuhan kesempatan kerja dan pendapatan masyarakat. Dengan adanya sektor UMKM, pengangguran akibat angkatan kerja yang tidak terserap dalam dunia kerja menjadi berkurang.

Tujuan yang ingin dicapai dalam peneltian ini adalah untuk mengetahui pemahaman penggunaan marketplace dan menambah pengetahuan serta memperluas pemasaran produk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan wawancara dari pihak-pihak terkait.

Hasil kajian ini menjukkan bahwa sasaran UMKM di Desa Gempolkarya ada 2 sasaran yaitu Usaha Dendeng Ikan barokah jaya dan Keripik Pisang Ibu Ersa. Mahasiswa KKN membuatkan platform seperti Pembuatan Akun Digital Marketing atau pemasaran melalui digital yaitu akun Shopee, tautan Website dan Publikasi tautan kegiatan di Instagram, prosedur legalitas usaha atau SKU dan Rebranding kemasan produk dan pelatihan pembukuan keuangan

 

Published
2023-02-24