STRATEGI MARKETING & DIGITAL MARKETING UMKM KERIPIK PISANG DESA KUTAMAKMUR
Abstract
Pegiat UMKM di Desa Kutamakmur untuk saat ini banyak yang mengalami kesulitan dalam melakukan pemasaran produk-produknya, terutama untuk UMKM Keripik Pisang. UMKM keripik pisang Desa Kutamakmur dalam melakukan penjualannya masih secara keliling dari satu tempat ke tempat lain, serta dalam pengemasan produknya masih sangat sederhana, yaitu dengan secara dikemas dalam bungkus plastik biasa. Dalam hal ini membuat kurang efisien dalam penjualan, sehingga jangkauan pemasaran produknya kurang luas serta daya tarik terhadap pembeli sangat rendah. Metode observasi deskriptif, dengan menggunakan pendekatan observasi partisipasi dilakukan untuk pengumpulan data serta mengamati kejadian yang ada di lapangan, di mana data yang didapat akan dibuatkan sebuah kesimpulan untuk memecahkan masalah yang ada. Berdasarkan dari metode yang digunakan dengan melakukan observasi partisipasi, hasil dan pembahasan penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu strategi marketing yang mencakup mengubah dari kemasan plastik biasa menjadi standing pouch yang berguna dalam memperpanjang masa tahan produk, karena bahannya yang kuat, kedap air, sehingga produk tidak mudah rusak dan harganya yang relatif murah, serta penambahan logo produk berjenis stiker yang digunakan untuk menambah daya tarik serta sumber infomasi produk dan identitas produk. Kemudian digital marketing yang mencakup penggunaan media sosial sebagai sarana informasi dan promosi produk, hal ini seperti Instagram dan Facebook. Kemudian untuk menambah produk lebih dikenal secara luas lagi perlu menambahkan media promosi lain.