PEMANFAATAN MARKETPLACE & MEDIA SOSIAL DI ERA DIGITAL PADA UMKM DESA SABAJAYA
Abstract
UMKM Suparman merupakan Collection di Desa Sabajaya dan mahasiswa KKN yang
berfokus di bidang konveksi pembuatan aksesoris seperti sarung tisu, album buku, binder,
tote bag, card holder,dan lainnya. Metode yang digunakan yakni penulis mengadakan sebuah
sosialisasi terhadap masyarakat, pemilik UMKM, dan aparat Desa Sabajaya mengenai
pemanfaatan media sosial untuk pemasaran produk produk UMKM. Adapun sasaran pada
penelitian kali ini ialah agar pelaku UMKM konveksi aksesoris Suparman Collection dapat
mengerti bagaimana memanfaatkan marketplace beserta media sosial untuk meningkatkan
daya saing dan pemasaran produk produk Suparman Collection tersebut. Dan juga karena hal
ini bisa memotivasi pelaku UMKM lainnya di Desa Sabajaya agar bisa memanfaatkan media
informasi dengan sebaik mungkin. Hal ini juga bisa menjadi satu langkah lebih maju ke era
digital agar pelaku UMKM bisa lebih memanfaatkan media informasi yang sudah ada.
Dengan UMKM mendapatkan edukasi, maka wujud kegiatan ini memberikan materi dan
motivasi agar dapat merubah cara berfikir para pelaku UMKM, guna memiliki keberanian
dalam memasarkan produk secara online, lalu bisa berinovasi secara kreatif dari melihat
minat pasar. Pada era modern sekarang yang hampir semuanya serba digital, pemanfaatan
marketplace dan media sosial sangat diperlukan karena penjualan berbasis online saat ini
menjadi salah satu potensi penjualan yang memiliki peluang yang sangat besar.