PENTINGNYA DIGITALISASI UNTUK UMKM KONVEKSI DI DESA TELUKBANGO

  • Afiqih Zulfa Fadillah Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Wanta, S.E,. M.M.. Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan proses pembelajaran mahasiswa melalui berbagai
kegiatan langsung ditengah-tengah masyarakat, dan mahasiswa berupaya untuk menjadi
bagian dari masyarakat serta secara aktif dan kreatif terlibat dalam dinamika yang terjadi
di masyarakat. Mahasiswa mempunyai peran strategis sebagai agent of change (agen
perubahan). UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menegah) di Indonesia menjadi salah satu
sektor usaha yang cukup mendominasi dijalankan oleh pelaku usaha. Pandemi Covid-19
telah membuat mayoritas sektor ekonomi terutama UMKM menjadi stagnan. Eksesnya
mayoritas pelaku UMKM tidak bisa berkembang dan banyak yang berakhir pada
kebangkrutan. Namun, UMKM mengalami tantangan dalam menghadapi persaingan
digitalisasi di bidang bisnis agar mampu bertahan di tengah persaingan. Hal inilah yang
membuat, pelaku usaha UMKM mengubah strategi penjualan melalui skema digitalisasi.
Skema digitalisasi yakni dengan memanfaatkan market place (perantara) dan
menggunakan media sosial sebagai teknik pemasaran. Selain itu pelaku UMKM digital
harus dapat bersinergi dengan warganet dalam pemasaran produk dan jasa. Di desa
Telukbango ada beberapa potensi salah satunya adalah UMKM (Usaha Mikro Kecil
Menengah), yaitu Konveksi setelah pandemi hasil penjualan semakin menurun,
peminatnya berkurang, selain itu juga keterbatasan tenaga dan mesin menjahit untuk
pembuatan celana jadi terhambat. Dengan adanya digitalisasi dalam strategi pemasaran
dapat membantu penjualan para pelaku usaha UMKM, sehingga usaha mereka dapat
perlahan membaik.

Published
2023-02-23