IMPLEMENTASI WEBSITE DAN E-COMERCE SEBAGAI PROMOSI ONLINE UMKM DESA TELUKBANGO

  • Fajar Darmawan Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Wanta, S.E,. M.M.. Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang Pada tahun 2022 ini, Sedang
melangsungkan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) ke-5 yang tersebar pada 84 Desa di 16
Kecamatan yang berlangsung secara offline dikarenakan wabah pandemi Covid-19 sudah
mereda Dimana pada KKN ke-5 ini mengusung tema "Inovasi dan Digitalisasi UMKM
Menuju Masyarakat yang mandiri". Tema ini sesuai dengan anjuran pemerintah Daerah
Kabupaten Karawang pada tahun 2022, yaitu fokus pada pengembangan daerah dan kota
dari sektor pembinaan UMKM. Kegiatan KKN ini dilaksanakan oleh mahasiswa dari
beberapa Program Studi di Desa Telukbango kecamatan Batujaya, Kabupaten Karawang,
Tujuan program kerja ini yaitu untuk membantu UMKM yang memiliki kendala dalam
promosi dan pemasaran produk UMKM, program ini merupakan penelitian deskriptif
kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara kepada pemilik usaha,
aparat desa, dan observasi lapangan. Hasil yang didapatkan bahwa solusi untuk
permasalahan pada Desa Telukbango yaitu dengan pemanfaatan media sosial sebagai media
pemasaran produk seperti: membuat website, instagram, facebook, youtube, melakukan
penjualan pada e-commerce dan melalui Whatsapp dengan pendistribusian dapat melalui
Gojek maupun Grab agar lebih mudah

Published
2023-02-23