STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA DAN PENINGKATAN KINERJA DALAM MENGHADAPI ERA DIGITAL PADA UMKM KERIPIK PISANG IBU NUR DESA KUTAAMPEL

  • Rena Suci Kusmiati Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Kiki Ahmad , B.S.Kom Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

UMKM ialah salah satu bagian penting dari perekonomian suatu negara maupun daerah, dan merupakan
unit usaha produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau Badan Usaha disemua sektor
ekonomi. Tujuan Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan usaha dan meningkatkan
kinerja dalam menghadapi era digital pada UMKM Keripik Pisang Ibu Nur Desa Kutaampel. Strategi
pengembangan usaha yang diberikan adalah dengan cara mendaftarkan UMKM tersebut ke Marketplace Shopee
agar konsumen dapat berbelanja secara online, dan menciptakan inovasi produk terhadap kemasan serta rasa, guna
meningkatkan penjualan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif
dengan pendekatan fenomenologi. Fenomenologi adalah penelitian yang dilakukan dengan pengumpulan data
melalui wawancara yng berdasarkan pada fenomena dalam satu kontek. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan
bahwa strategi Pengembangan Usaha telah diterapkan untuk meningkatkan kinerja dan berbagai program
pengembangan digitalisasi UMKM dapat mempercepat proses transformasi digital dalam ekosistem ekonomi
digital Indonesia, yang bisa membuat UMKM bersaing lebih baik.

Published
2023-02-23