PEMANFAATAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK UMKM DESA CIKAMPEK UTARA

  • Mutia Anisa Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Siti Masruroh Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

 

Tri Dharma Perguruan Tinggi merupakan kewajiban bagi seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia. Ketiga dharma tersebut adalah pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Salah satu bentuk Pengabdian kepada Masyarakat adalah kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan oleh mahasiswa didampingi oleh para dosen. Kegiatan KKN pada kondisi normal, biasanya dengan menerjunkan mahasiswa langsung ke desa-desa sasaran sehingga dapat langsung berinteraksi dengan masyarakat. Untuk Universitas Buana Perjuangan Karawang pada tahun 2022 melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) secara Hybrid bertemakan “Inovasi dan Digitalisasi UMKM Menuju Masyarakat Mandiri” yang dilakukan secara online dan offline. Peneliti melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Cikampek Utara. Desa Cikampek Utara merupakan salah satu desa di Kecamatan Kotabaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat yang dikenal dengan sentra perajin boneka dengan industri rumahannya. Selain itu, masih banyak UMKM jenis lainnya yang ada di Desa Cikampek Utara terutama UMKM di bidang makanan ringan yaitu Keripik Pare Panineungan dan Kentang Mustofa Ibu Widodo. UMKM merupakan usaha yang dilakukan oleh individu, kelompok, badan usaha kecil, maupun rumah tangga. Melalui kegiatan KKN ini peneliti memberikan pembinaan dan pendampingan dalam hal strategi pemasaran. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan bagi UMKM di Desa Cikampek Utara tentang pemanfaatan penggunaan media sosial untuk meningkatkan produk UMKM. Penelitian ini mengunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil dalam kegiatan ini adalah adanya pemahaman pelaku UMKM tentang penjualan produk melalui media sosial, mampu membuat toko dan promosi melalui media sosial secara mandiri.

Published
2023-02-22