PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN KERIPIK PARE DI DESA CIKAMPEK UTARA
Abstract
Artikel ini dibuat bertujuan untuk melatih ketajaman analisis mahasiswa peserta KKN (Kuliah Kerja Nyata) 2022 dalam melihat fakta yang ada di desa. Kegiatan KKN dilakukan di desa cikampek utara atau cikutra yang terkenal dengan banyaknya masyarakat yang menjadi pengrajin boneka dan banyak sekali toko-toko boneka yang berjejeran dipinggir jalan raya cikutra sehingga dikenal dengan Kampung Boneka. Namun selain adanya UMKM boneka, sebenarnya banyak UMKM jenis lain yang sistem produksinya dibuat oleh para masyarakat cikutra juga tetapi belum terlalu dikenal luas oleh masyarakat dalam maupun luar desa cikutra. Salah satu UMKM nya adalah UMKM yang bergerak di bidang kuliner yaitu Keripik Pare Panineungan. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah deskriptif kualitatif dengan 4 metode diantaranya: observasi, wawancara, teori dan praktek. Berdasarkan hasil dari analisis yang telah dilakukan oleh mahasiswa kkn cikutra disimpulkan bahwa pemasaran dari UMKM masih terbatas, sehingga mahasiswa kkn melakukan sebuah pengembangan dengan cara digitalisasi untuk membantu pemasaran UMKM tersebut.