INOVASI DESIGN KEMASAN USAHA KERIPIK PARE PANINEUNGAN DI DESA CIKAMPEK UTARA

  • Hoppy Ronnal Oktora Putra Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Afif Hakim Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Usaha keripik pare panineungan merupakan usaha industri rumahan yang dikelola secara sederhana oleh sekelompok ibu rumah tangga di desa cikampek utara. Usaha ini dijalankan untuk membantu peningkatan perekonomian keluarga. Keripik pare di produksi secara sederhana di dapur rumah pengelolanya dengan alat-alat produksi seadanya. Pemasaran dari keripik pare masih terbatas karena belum memiliki logo tersendiri bagi produk keripik pare. Melalui kegiatan pengabdian ini, inovasi design pada kemasan dibuat semenarik mungkin agar menjadi sebuah daya tarik tersendiri bagi para konsumen untuk membeli produk tersebut. Strategi Pemasaran untuk mendongkrak penjualan menjadi sebuah hal yang harus dilakukan oleh pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya. Apalagi ditengah kondisi pandemi seperti ini dimana semua sektor terpuruk termasuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Berbagai cara dilakukan salah satu nya dengan mengembangkan kemasan agar lebih menarik dan diminati konsumen. Metode penelitian dilakukan secara deskriptif yang bersifat survey langsung pada kelompok-kelompok masyarakat tertentu, wawancara, studi perpustakaan dan literatur. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa tampilan kemasan yang sangat menarik bagi konsumen akan meningkatkan penjualan produk. Dengan ide kreatif dalam menciptakan tampilan kemasan semenarik mungkin untuk membungkus produk yang dihasilkandan siap ditawarkan kepasar, agar banyak konsumen yang berminat membeli semua produk yang ditawarkan oleh pemilik UMKM.

 

Published
2023-02-21