SOSIALISASI MANAJEMEN STRATEGI PEMASARAN PADA UMKM DI DESA CIKAMPEK UTARA

  • Obby Anggara Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Siti Masruroh. S.Ag Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Kehidupan masyarakat saat ini tidak terlepas dari kegiatan UMKM karena di anggap memiliki peran yang signifikan terhadap peningkatan perekonomian Negara. Pertumbuhannya yang pesat berpengaruh terhadap tingginya persaingan suatu usaha. Desa Cikampek Utara, Kotabaru, Karawang memiliki kelompok UPPKS yang menaungi beberapa kegiatan usaha UMKM yang dapat meningkatkan potensi ekonomi masyarakat. Salah satu strategi untuk menjalankan suatu usaha adalah dengan menggunakan strategi 4p yaitu Produk, harga, tempat dan promosi. Selain itu strategi pemasaran yang dilakukan dengan pengoptimalan pemasaran digital di era digitalisasi dengan ditandai tren pemasaran yang semula hanya berupa konvensional kini beralih pada digital. Saat ini para pelaku UMKM di daerah khususnya yang ada di Desa Cikampek Utara belum memahami tentang strategi pemasaran serta belum memaksimalkan teknologi yang ada sehingga mempengaruhi kegiatan usahanya sehingga masih harus banyak belajar tentang kemajuan teknis dan digitalisasi. Untuk itu sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, di adakan sosialisasi yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan pelaku UMKM Desa Cikampek Utara agar lebih memahami serta terbuka dengan digital marketing agar usahanya dapat bertahan di era digitalisasi. Metode pelaksanaan dilakukan adalah dengan cara observasi, wawancara, ceramah, dan diskusi. Target sasaran kegiatan sosialisasi ini adalah para pelaku UMKM yang berada di Desa Cikampek Utara yang diharapkan setelah ini mampu memahami pentingnya pemasaran digital di era digitalisasi.

 

Published
2023-02-21