PENGEMBANGAN PRODUK DAN DIGITALISASI UMKM AJENG COLLECTION DI DESA JOMIN BARAT

  • Al Fitra Syamsul Anwar Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Afif Hakim Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi pengembangan dan peningkatan daya saing dalam menghadapi kompetitif pasar mengenai tanaman hias yaitu jalitiri, pada UMKM di desa Jomin Barat, Kota Baru, Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan data prmer dan data sekunder. Metode analisis yang digunakan adalah pendekatan deskriptif, yaitu melakukan identifikasi berkaitan dengan pemasaran secara digital di media sosial yang dilakukan oleh UMKM dan menggunakan analisis SWOT kemudian merusmuskan model strategi untuk mengtasinya. Metode pemasaran yang kita ambil yaitu melalui media sosial Facebook, sebelumnya pemasaran yang digunakan belum melalui media sosial Facebook, dengan memasarkan produk tanaman jalitri melalui menu market place pada facebook, harapannya masyarakat lebih mudah menemui tanaman jalitri ketika ingin membeli tanaman jalitri melalui media sosial. Hasil yang di dapat dari strategi pengembangan yaitu penyediaan bantuan permodalan dari pemerintah, melakukan pelatihan dan pengembangan untuk meningkatkan skill dan keilmuan UMKM, pengembangan kemitraan untuk mengembangkan UMKM lebih besar, mengembangkan promosi untuk mengenalkan sebuah produk dan perlunya lembaga khusus UMKM di Desa Jomin Barat untuk membantu sarana, prasarana dan jaringan usaha.

Published
2023-02-21