PERSIAPAN MEMASUKI ERA DIGITALISASI MARKETING PADA UMKM ADAR SNACK DESA JOMIN BARAT-KECAMATAN KOTABARU

  • Philip Obelafu Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Anggi Giri Prawiyogi Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Dalam rangka mendukung digitilisasi kemajuan ekonomi kerakyatan, pemerintah desa harus membantu dalam membuat program-program yang dapat membantu perkembangan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dengan cara mendukung pembuatan marketplace yang merupakan suatu website atau aplikasi yang menyediakan tempat untuk para pelaku usaha yang ingin menjual produknya secara online. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif sesuai dengan pokok permasalahan dalam penelitian yang telah dilakukan, adanya penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi dan memberikan edukasi secara menyeluruh dan lengkap guna membina pengembangan dan persiapan di era digitalisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada kelompok usaha “Adar Snack” yang terletak di Desa Jomin Barat

– Kecamatan Kotabaru, Kabupaten Karawang. Berdasarkan hasil yang telah di dapat melalui hasil wawancara secara mendalam dan observasi dengan pemilik “ UMKM Adar Snack “ di Desa Jomin Barat Kecamatan Kotabaru . Pemasaran melalui digital dengan memanfaatkan social media , marketplace dan penggunaan platform lainnya akan memudahkan “UMKM Adar Snack” untuk dapat memasarkan produknya secara online dengan tidak bertemu langsung konsumen. Berdasarkan hasil penelitian pada pemilik Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Ranginang Pak Adar di Desa Jomin Barat, Kecamatan Kotabaru, Kabupaten Karawang. Pemilik UMKM Adar Snack memiliki kendala atau permasalahan yaitu kurangnya pemahaman terhadap marketing secara online dan kurangnya pemahaman dalam mengaplikasikan produknya ke dalam platform/marketplace. Maka penulis memberikan sosialisasi dan arahan terkait memasarkan produk pelaku UMKM Adar Snack di platform/marketplace terutama pada aplikasi Facebook.

Published
2023-02-21