STRATEGI MARKETING DALAM UPAYA PENGEMBANGAN USAHA MIKRO MENENGAH DI DESA JOMIN BARAT
Abstract
Kebebasan informasi dan teknologi ini dapat dimanfaatkan untuk digitalisasi marketing untuk memudahkan para pengusaha yang ingin melakukan pemasaran untuk memperluas permudahan penjualan barang dan mendapatkan konsumen yang lebih banyak dengan melakukan digitalisasi market agar masyarakat dapat mencari dan menemukan kebutuhannya di media sosial. Untuk mempromosikan produk, saat ini ada beberapa platform media sosial dan penjualan online yang dapat memudahkan UMKM untuk melakukan penjualan produk untuk nantinya bisa dipasarkan di pasar online. Metode penelitian yang ada pada penelitian ini adalah dengan menggunakan metode Deskriptif dengan analisis Swot untuk mengetahui langkah-langkah yang harus dilakukan UMKM agar bisa melakukan digitalisasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kedua UMKM mendapati nilai positif yang lebih kecil dengan kekuatan senilai x = 4,5 dan peluang senilai y = 4,2. Sedangkan kelemahan dan ancaman dari usaha ini mendapati posisi yang lebih besar dengan nilai kelemahan x = -5 dan ancaman senilai y = -3,5. nilai rata-rata pertimbangan positif, nilai analisis Swot lebih mengarah kepada kiri atas yaitu x = -0,5 dan y= 0,7 yang menunjukkan bahwa kedua UMKM yang dianalisis mendapati kelemahan dengan peluang yang tinggi. Oleh karena itu perlunya peningkatan dari kelemahan agar dapat memenuhi nilai kekuatan dan menjadikan nilai yang positif.